KURIKULUM MTSS DARUL HIDAYAH
Pengembangan kurikulum Madrasah tahun pelajaran 2021/2022 mencakup hal-hal sebagai berikut:
- Struktur Kurikulum dan Muatan kurikulum yang merupakan pedoman dalam pengembangan kurikulum Madrasah
- Beban belajar bagi peserta didik pada Madrasah yang didasarkan pada hasil analisis konteks, analisis keunggulan lokal serta potensi dan minat peserta didik;
- Kurikulum Madrasah dikembangkan berdasarkan hasil reviu kurikulum tahun pelajaran 2019/2020, pemanfaatan hasil analisis kondisi riil madrasah, serta analisis peraturan yang berlaku;
- Kalender pendidikan Madrasah disusun berdasarkan hasil perhitungan minggu efektif untuk tahun pelajaran 2020/2021;
- Kurikulum Madrasah menjadi acuan bagi satuan pendidikan dalam melaksanakan pendidikan dan pembelajaran dengan mengedepankan prinsip pengembangan dan karakteristik kurikulum 2013 dengan penyesuaian terhadap pemanfaatan analisis kondisi riil Madrasah dan Analisis Kondisi Lingkungan Madrasah.
Keterangan
- Mata pelajaran Kelompok A merupakan kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat
- Mata pelajaran Kelompok B merupakan kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan/konten lokal
- Mata Pelajaran Kelompok B dapat berupa mata pelajaran muatan lokal yang berdiri sendiri.
- Satu jam pelajaran beban belajar tatap muka adalah 40 (empat puluh) menit
- Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan dapat memuat konten lokal
- Untuk Mata Pelajaran Prakarya dan/ atau Mata Pelajaran Informatika, Madrasah memilih mata pelajaran Informatika sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa
- Muatan Lokal dapat memuat Bahasa Daerah dan/atau kearifan lokal atau mata pelajaran lain yang menjadi ke khasan/keunggulan madrasah terdiri atas maksimal 3 (tiga) mata pelajaran dengan jumlah maksimal 6 (enam) jam pelajaran